• Kontak Kami
  • Hotline : 085729774704
  • SMS : 085729774704
  • BBM : D2F83734

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Sekilas Tentang Batik Lasem khas dari Rembang

Sekilas Tentang Batik Lasem khas dari Rembang

Diposting pada 18 Agustus 2017 oleh admin

Tentang Batik Lasem dari Rembang

Batik Lasem – Nama Lasem sendiri berasal dari daerah bernama Lasem Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Batik Lasem sendiri termasuk jenis batik tulis dan yang namanya batik tulis tentu pengerjaannya manual tidak melalui proses di cetak ataupun di cap jika batik tersebut dibilang lasem dan prosesnya di cetak, sudah pasti itu bukan lasem alias palsu. Karena Batik Rembang sendiri selain pengerjaannya manual pembuatan batik Lasem juga memakan waktu yang cukup lama dibutuhkan waktu hingga satu bulan untuk menghasilkan satu kain batik. Baju Batik di BatikGR.com memiliki kualitas yang bagus dan dapat bersaing dengan Toko Online serta harga terjangkau.

Baca Juga : Contoh Model Baju Batik Fashion Anak Muda

batik lasem

Nama Lasem yang tercatat dalam kronik Nusantara dan Tionghoa selama beberapa abad, dan menjadi tempat tujuan favorit perantau asal Tiongkok. Sejak abad ke-14, orang-orang Tionghoa berlayar dengan visi misi menuju Nusantara dengan beragam misi ekspedisi. Mencari penghidupan yang lebih baik, melarikan diri dari bencana alam dan kisruh politik, berdagang dan lain sebagainya.

Setelah batik diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2009, Batik Lasem yang sempat mengalami penurunan kini mulai bergairah kembali. Tahun ini, hanya beberapa keluarga di kota tua (pecinan) Lasem yang masih melanjutkan usaha batik warisan keluarganya. Kini setidaknya hanya ada  6 rumah batik di kota tua Lasem. Banyaknya motif khas batik kota tua Lasem yang memiliki aneka jenis penamaan dan kisah dalam selembar kain belum tercatat dan hanya menjadi pola turun temurun. batik juga biasanya wajib di gunakan oleh para perusahaan di jogja seperti perusahaan paket wisata jogja misalnya.

Batik Lasem dari Rembang

Adapun cara membedakan Batik asli dengan yang palsu, diantaranya adalah :

  • Batik Lasem selalu batik tulis

Batik Lasem yang asli adalah Batik Tulis. Tidak ada batik Lasem yang dibuat dengan Teknik printing atau cap. Jika anda menemukan batik jenis ini tapi dengan motif  printing sudah pasti itu palsu, sudah pasti itu bukan Batik Rembang (Lasem).

  • Mahal

Dibuatnya saja manual sudah pasti membuat harga Batik cenderung mahal. Harga Batik Rembang Lasem yang asli berkisar antara Rp 700 ribu yang paling murah hingga Rp 1 Juta keatas.

  • Warna Berani dan Kuat

Coba anda perhatikan warna-warna pada batik khas dari rembang ini juga khas, terutama warna biru dan merah. Warna merah itu mirip darah ayam sehingga sering disebut abang getih pithik (merah darah ayam).

  • Motif

Batik Lasem sendiri memiliki beberapa motif seperti, Latohan, sekar jagad dan Watuh Pecah/Kricak. Dikarenakan Batik Lasem adalah Kroniknya etnis Tionghoa. Batik ini memiiki corak atau motif menyerupai hewan seperti Burung Hong, Naga, dan beberapa ornament yang berbau Tiongkok lainnya di karenakan pencampuran budaya antara Jawa dan Tiongkok yang masuk ke daerah Lasem. Batik khas dari rembang ini merupakan salah satu jenis Batik Tulis yang banyak diminati para pecinta fashion dari batik dikarenakan memiliki warna yang cerah dan terkesan modern. BatikGR.com cocok untuk wanita, pria dan juga anak-anak.

Bagikan informasi tentang Sekilas Tentang Batik Lasem khas dari Rembang kepada teman atau kerabat Anda.

Sekilas Tentang Batik Lasem khas dari Rembang | Batik GR

Komentar dinonaktifkan: Sekilas Tentang Batik Lasem khas dari Rembang

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
error: Berminat Membuat Website Atau Mau SEO kan Website Hubungi Iyanweb.com 0812-8410-4441