• Kontak Kami
  • Hotline : 085729774704
  • SMS : 085729774704
  • BBM : D2F83734

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Tenun Lurik Keserdehanaan Dari Penenun

Tenun Lurik Keserdehanaan Dari Penenun

Diposting pada 18 Agustus 2017 oleh admin

Kesederhanaan Tenun Lurik Bagi Sang Penenun

Tenun Lurik – dikenalkan penenun Desa Pedan, Klaten. Lurik berasal dari kata lorek yang dalam bahasa jawa berarti garis. Garis-garis lurus sederhana yang menjadi ciri khas Tenun Lurik sebagai penggambaran nilai kesederhanaan hidup. Seiring berjalannya waktu, kain tenun lurik pun menjadi simbol identitas sosial para kaum “kawulo alit” atau kalangan pribumi di masa lalu. Kain ini mewakili identitas kalangan orang biasa (bukan kalangan ningrat) atau seorang yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Selain menyajikan kain batik, BatikGR.com juga menyajikan Tenun Lurik yang juga salah satu produk unggulan di BatikGR.com.

Baca Juga : Batik Tulis Lasem Produk Unggulan Di BatikGR.com

tenun lurikBerbicara mengenai Kain Lurik tentu tak lepas dari jejak sejarah bangsa. Berbagai penemuan sejarah seakan mempertegas bahwa kain ini telah ada di tanah Jawa sejak zaman pra sejarah. Hal ini dibuktikan dari berbagai prasasti peninggalan zaman Kerajaan Mataram (851-882 M) serta berbagai wujud pemakaian penenun kain Lurik pada arca-arca dan relief candi yang tersebar di Pulau Jawa.

Kain Lurik Motif Lurus Berlambang Kesederhanaan

Dalam penggunaanya di kehidupan sehari-hari, Kain Lurik hanya lekat pada sosok abdi dhalem Keraton jogja. Kain ini menjadi bahan pokok untuk pakaian atasan para abdi dhalem. Di luar itu, pamor lurik kalah mentereng dibanding batik yang hingga kini kian mendunia hal ini seperti yang di rasakan oleh jasa bordir kaos

Karena teksturnya yang khas dan kekuatan kain ini, penggunaan Kain Lurik tidak terbatas untuk pemakaian sehari-hari seperti pakaian dan kain gendong namun juga digunakan untuk perlengkapan interior. Yang menyenangkan dari kain Tenun Lurik adalah, meskipun ketika masih baru teksturnya sangat kasar dan kaku, namun ketika telah digunakan beberapa lama, teksturnya berubah menjadi lebih lembut tapi tidak berkurang kekuatannya.Di Toko Online Batik GR juga memiliki produk untuk merawat koleksi kain batik maupun tenun lurik berupa sari lerak yang merupakan produk asli BatikGR.com. Sabun sari Lerak merupakan sabun cuci tradisional Indonesia. Murni ekstrak buah lerak yang dapat mengawetkan warna dan motif pada Batik Tulis, baju batik kantor, kain Tenun Lurik , batik cap maupun pakaian berwarna. (tidak di sarankan untuk kain berwarna putih). Untuk info pemesanan lebih lanjut silahkan kunjungi situs BatikGR.com . Selamat berbelanja!

Bagikan informasi tentang Tenun Lurik Keserdehanaan Dari Penenun kepada teman atau kerabat Anda.

Tenun Lurik Keserdehanaan Dari Penenun | Batik GR

Komentar dinonaktifkan: Tenun Lurik Keserdehanaan Dari Penenun

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
error: Berminat Membuat Website Atau Mau SEO kan Website Hubungi Iyanweb.com 0812-8410-4441